Tuesday, October 11, 2011

Sistem Informasi Manajemen ( Tugas 2 )

=> Arti Tingkat Manajemen
Banyak manajer bekerja dalam suatu organisasi. Namun, para manajer tidak bekerja pada tingkat yang sama. Mereka bekerja dan beroperasi pada posisi yang berbeda. Hirarki dari posisi manajerial ini disebut Tingkat Manajemen.




=> Tiga Tingkat Manajemen

Secara umum, ada Tiga Tingkat Manajemen, yaitu.,
  1. Top Level Management.
  2. Middle Management ( Manajemen Tingkat Tengah ).
  3. Lower Management ( Manajemen Tingkat Terendah ).

=> Top Level of Management

Top-level manajer, atau manajer top, juga disebut manajemen senior atau eksekutifOrang-orang ini berada di satu atau dua tingkat atas dalam sebuah organisasi, dan tahan judul. Manajemen Top Level terdiri dari Dewan Direksi (BOD) dan Chief Executive Officer(CEO). Chief Executive Officer juga disebut General Manager (GM) atau Managing Director (MD) atau Presiden. Direksi adalah wakil dari Pemegang Saham, yaitu mereka dipilih oleh Pemegang Saham perusahaan. Demikian pula, Chief Executive Officer dipilih oleh Dewan Direksi dari suatu organisasi

Peran utama dari manajemen tingkat atas diringkas sebagai berikut :
  1. Manajemen tingkat atas menentukan tujuan, kebijakan dan rencana organisasi.
  2. Mereka memobilisasi (merakit dan membawa bersama-sama) sumber daya yang tersedia.
  3. Manajemen tingkat atas tidak sebagian besar karya pemikiran, perencanaan danmemutuskan. Oleh karena itu, mereka juga disebut sebagai Administrator dan Otakorganisasi.
  4. Mereka menghabiskan lebih banyak waktu dalam perencanaan dan pengorganisasian.
  5. Mereka menyiapkan rencana jangka panjang dari organisasi yang umumnya dibuat untuk5 sampai 20 tahun.
  6. Manajemen tingkat atas memiliki kewenangan dan tanggung jawab maksimum. Mereka adalah otoritas atas atau akhir dalam organisasi. Mereka bertanggung jawab langsung kepada Pemegang Saham, Pemerintah dan Masyarakat Umum. Keberhasilan atau kegagalan organisasi sangat tergantung pada efisiensi dan pengambilan keputusan.
  7. Mereka membutuhkan keterampilan lebih konseptual dan Keterampilan teknis kurang.


=> Middle Level of Management

Manajer tingkat menengah bertanggung jawab untuk melaksanakan tujuan yang ditetapkan oleh manajemen puncak. Mereka melakukannya dengan menetapkan tujuan untuk departemen dan unit bisnis lainnya. Manajer menengah dapat memotivasi dan membantu manajer lini pertama untuk mencapai tujuan bisnis. Manajer menengah juga dapat berkomunikasi ke atas, dengan menawarkan saran dan umpan balik kepadamanajer puncak. Karena manajer menengah lebih terlibat di hari-hari kerja sebuah perusahaan, mereka dapat memberikan informasi berharga untuk manajer puncakuntuk membantu meningkatkan bottom line organisasiManajemen Tingkat Tengah terdiri dari para Kepala Departemen (Hod), Manajer Cabang, dan Eksekutif Junior. Kepala Departemen Keuangan yang Manajer, Manajer Pembelian, dll Manajer Cabang adalah kepala unit cabang atau lokal. Para eksekutif Junior Manajer Asisten Keuangan, Asisten Manajer Pembelian, dll Manajemen tingkat Tengah dipilih oleh Management Levels Top Level.

Manajemen tingkat menengah lebih menekankan pada tugas-tugas berikut :
  1. Manajemen tingkat menengah memberikan rekomendasi (saran) kepada manajemen tingkat atas.
  2. Dijalankan (mengimplementasikan) kebijakan dan rencana yang dibuat oleh manajemen tingkat atas.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan semua departemen.
  4. Harus berkomunikasi dengan Manajemen tingkat atas dan manajementingkat yang lebih rendah.
  5. Menghabiskan lebih banyak waktu dalam mengkoordinasikan dan berkomunikasi.
  6. Mereka menyiapkan rencana jangka pendek departemen mereka yang umumnya dibuat untuk 1 sampai 5 tahun.
  7. Manajemen Tingkat menengah memiliki kewenangan yang terbatas dan tanggung jawabMereka adalah perantara antara atas dan manajemen yang lebih rendah. Mereka bertanggung jawab langsung kepada chief executive officer dan dewan direksi.
  8. Membutuhkan keterampilan lebih manajerial dan teknis dan keterampilan yang kurang konseptual.

=> Lower Level of Management

Manajemen tingkat yang lebih rendah terdiri dari mandor dan Supervisor. Mereka dipilih oleh manajemen tingkat menengah. Hal ini juga disebut Operatif / Pengawas tingkat atau First Line ManagementManajer lini pertama bertanggung jawab atas manajemen sehari-hari garis pekerja karyawan yang benar-benar menghasilkan produk atau menawarkan layanan tersebutAda manajer lini pertama di setiap unit kerja dalam organisasi. Meskipun tingkat pertama manajer biasanya tidak menetapkan tujuan bagi organisasi, mereka memiliki pengaruh yang sangat kuat pada perusahaan. Ini adalah manajer bahwa sebagian besar karyawan berinteraksi dengan setiap hari, dan jika para manajer berkinerja buruk, karyawan juga dapat berkinerja buruk, mungkin kurangnya motivasi, atau mungkin meninggalkan perusahaan.

Manajemen tingkat yang lebih rendah melakukan kegiatan sebagai berikut :
  1. Manajemen tingkat yang lebih rendah mengarahkan para pekerja / karyawan.
  2. Mereka mengembangkan semangat dalam pekerja.
  3. Memelihara hubungan antara pekerja dan manajemen tingkat menengah.
  4. Manajemen tingkat yang lebih rendah menginformasikan para pekerja tentang keputusan yang diambil oleh manajemen. Mereka juga menginformasikan manajemen tentang kinerja, kesulitan, perasaan, tuntutan, dll, dari para pekerja.
  5. Mereka menghabiskan lebih banyak waktu dalam mengarahkan dan mengendalikan.
  6. Mereka memiliki kewenangan yang terbatas, tetapi tanggung jawab penting untuk mendapatkan pekerjaan yang dilakukan dari para pekerja.
  7. Seiring dengan pengalaman dan keterampilan manajemen dasar, mereka juga memerlukan keterampilan yang lebih teknis dan komunikasi.

No comments:

Post a Comment