Sunday, October 16, 2011

Sistem Informasi Manajemen ( Tugas 3 )

1. Kenapa informasi harus dikelolah dengan baik dan benar oleh para tingkatan manager.

  • Informasi bagi manager adalah data yang telah diproses atau diolah sehingga memiliki arti atau manfaat yang bergunaatau kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan bersama sama atau melibatkan orang lain demi mencapain tujuan yang sama.
  • Sebagai seorang manajer harus dapat menghargai dan mampu mengelola informasi bagi kemajuan perusahaan atau usahanya. dan seorang manajer harus mengelola 5M agar mencapai tujuan.
  • Tugas manajer meliputi : Pengelolaan sumber daya fisik dan mencangkup pengelolaan sumber daya konseptual. Mendapatkan data mentah lalu mengolahnya sehingga menghasilkan informasi yang berguna, baru setalah itu memanfaatkan secara efektif untuk mengambil keputusan dan jika perlu mengganti informasi yang usang dan menggantikannya dengan informasi yang mutakhir dan akurat.
2. Informasi yang dibutuhkan oleh para manager harus mempunyai nilai yaitu : Up todate, Detail dan Accurate. Coba jelaksan maksud point-point tersebut dan berikan contoh jawaban anda.
  • Up to date : Sebuah program yang update semua perangkat lunak diinstal dan yang terkait paket. Hal ini juga memberitahu pengguna ketika update yang tersedia, daftar mereka dalam perintah abjad sehingga pengguna dapat memilih untuk menginstal update. Manajer tidak dapat menghapus menghapus update, meskipun hal ini dapat dicapai oleh manajer paket lain. Contoh kasus : " seorang harus manajer mengecek keluar masuknya data terjadi kesalahan atau tidak atau adanya complain ".
  • Detail     : Seorang Manajer harus detail dan informasi harus jelas dalam mengolah data seperti bahasa-bahasa pemrograman baik pada saat penyampaian kepada penerima informasi maupun dari sumber informasi agar tidak terjadinya suatu masalah.
  • Accurate : Seorang Manajer harus tepat dan akurat pada sasaran mulai dari siapa penerima informasi tersebut. dari input diproses menjadi output.
Contoh Kasus :
  • Client meng-entry transaksi pada jam 12.00, kemudian transaksi ini diteruskan ke server untuk dimasukkan ke database. Karena jam pada komputer server menunjukkan pukul 13.00, maka saat transaksi tsb dimasukkan ke database akan tercatat jam 13.00 (sesuai dengan jam di server).
    Pada saat kita membuat rekap, client akan mengambil data dari komputer sever. Dengan demikian jika pada jam 12.00 kita membuat rekap transaksi dari komputer client, transaksi yang masuk ke dalam rekap transaksi adalah seluruh transaksi sampai dengan jam 12.00. Namun pada kenyataannya ada transaksi jam 12.00 yang tercatat dalam komputer sever jam 13.00 (jam ini bisa dilihat pada kolom Modified Date di Audit Report) . Transaksi ini tidak akan tercetak dalam rekap pada hari ybs.
    Ketika keesokan harinya melakukan rekap transaksi, maka transaksi tsb baru muncul pada rekap hari ini.
    Agar seluruh transaksi dapat tercetak dalam rekap, maka pastikan jam komputer client dan server menunjukkan waktu yang sama
    contoh kasus diatas menggunakan sistem yg akurat up to date dan detail. 
3. Coba anda jelaskan informasi-informasi apa saja yang dibutuhkan oleh para tingkatan managerial dalam melaksanakan fungsinya dalam hal yaitu : Planning, Organizing dan Controling
  • Planning : Dalam perencanaan ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Yaitu harus SMART  yaitu Specific artinya perencanaan harus jelas maksud maupun ruang lingkupnya. Tidak terlalu melebar dan terlalu idealis. Measurable artinya program kerja atau rencana harus dapat diukur tingkat keberhasilannya. Achievable artinya dapat dicapai. Jadi bukan angan-angan. Realistic artinya sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada. Tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit. Tapi tetap ada tantangan. Time artinya ada batas waktu yang jelas. Mingguan, bulanan, triwulan, semesteran atau tahunan. Sehingga mudah dinilai dan dievaluasi.
  • Organizing : Agar tujuan tercapai maka dibutuhkan pengorganisasian. Dalam perusahaan biasanya diwujudkan dalam bentuk bagan organisasi. Yang kemudian dipecah menjadi berbagai jabatan. Pada setiap jabatan biasanya memiliki tugas, tanggung jawab, wewenang dan uraian jabatan (Job Description). Semakin tinggi suatu jabatan biasanya semakin tinggi tugas, tanggung jawab dan wewenangnya. Biasanya juga semakin besar penghasilannya. Dengan pembagian tugas tersebut maka pekerjaan menjadi ringan. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Disinilah salah satu prinsip dari manajemen. Yaitu membagi-bagi tugas sesuai dengan keahliannya masing-masing.
  • Controling  : Agar pekerjaan berjalan sesuai dengan visi, misi, aturan dan program kerja maka dibutuhkan pengontrolan. Baik dalam bentuk supervisi, pengawasan, inspeksi hingga audit. Kata-kata tersebut memang memiliki makna yang berbeda, tapi yang terpenting adalah bagaimana sejak dini dapat diketahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pengorganisasian. Sehingga dengan hal tersebut dapat segera dilakukan koreksi, antisipasi dan penyesuaian-penyesuaian sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan zaman.

No comments:

Post a Comment