Friday, April 12, 2013

TUGAS EKONOMI PARIWISATA - 3

NAMA : RUDY HERMAWANSYAH
NIM     : 2009140065


1. Terdapat 2 (dua) buah Negara bertetangga yang pertama adalah Negara Astina dan Negara Amarta. Negara Astina memiliki jumlah penduduk 14.500.000 jiwa sedangkan Negara Amarta memiliki jumlah penduduk 9.700.000 jiwa. Penduduk Negara Astina yang melakukan perjalanan wisata minimal 1 (satu) kali berjumlah 1.150.000 orang; penduduk yang melakukan perjalanan wisata 2 (dua) kali berjumlah 475.000 orang; penduduk yang melakukan perjalanan wisata 3 (tiga) kali berjumlah 185.000. Penduduk Amarta yang melakukan perjalanan wisata minimal 1 (satu) kali berjumlah 675.000 orang; penduduk yang melakukan perjalanan wisata 2 (dua) kali berjumlah 355.000 orang; penduduk yang melakukan perjalanan wisata 3 (tiga) kali berjumlah 193.000. Adapun yang harus anda analisis adalah negara mana yang menurut anda paling besar kemampuan sebagai negara asal wisatawan, sebutkan alasan-alasan anda dalam menarik kesimpulan yang telah anda berikan ?

 














Menurut saya, negara yang paling besar dalam kemampuan sebagai negara asal wisatawan adalah negara Amarta karena memiliki total frekuensi perjalanan yang lebih tinggi sebanyak 1, 61 Kali dibandingkan dari negara Astina yang hanya sebanyak 1, 46 Kali.
 
Kemudian yang terjadi di negara Amarta adalah tingkat frekuensi perjalanan wisata yang sebanyak 2x lebih banyak yaitu 193.000 orang  dibandingkan negara Astina yang hanya 185.000 orang.

Walaupun jumlah total penduduk di negara Amarta lebih sedikit dibandingkan negara Astina tetapi tingkat kepergian wisatanya lebih tinggi.


2. Sebutkan apa saja sifat-sifat dari kecenderungan perjalanan ?

       Kecenderungan Perjalanan yang Tinggi disebabkan oleh :
a.    Pendapatan penduduk yang besar
b.    Tingkat profesionalisme masyarakat ( Wiraswasta, Direktur, Karyawan tingkat tinggi, dll )
c.    Penduduk kota-kota besar
d.    Kelompok usia antara 20-45 tahun
e.    Kelompok keluarga kecil dan keluarga-keluarga yang memiliki anak-anak usia sekolah.
f.    Tingkat pendidikan penduduk yang tinggi

 Kecenderungan Perjalanan yang Rendah disebabkan oleh :
a.    Pendapatan penduduk yang kecil
b.    Pekerjaan penduduk seperti Petani, Buruh dan Pensiunan
c.    Anak-anak kecil dan orang-orang diatas 75 tahun.
d.    Para penghuni desa yang penduduknya kurang dari 2.000 orang
e.    Anggota keluarga besar ( >5 orang )
    
3. Berikan contoh dari produk jasa kepariwisataan yang berada pada kondisi elastis, elastisitas murni dan tidak elastis. Berikan alasan mengenai apa yang anda sebutkan tersebut ?

1. Contoh kondisi elastis 
Seorang wisatawan yang melakukan perjalanan wisata yang dibiayai oleh perusahaan tersebut dimana si wisatawan bekerja. 
Seperti seorang manager hotel yang dikirim oleh manajemen hotel untuk melaksanakan pelatihan di luar negeri untuk meningkatkan mutu kualitas pelayanan di hotel tersebut. Perjalanan tersebut semuanya dibiayai oleh perusahaan sehingga si karyawan tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya sendiri

2. Contoh kondisi elastisitas murni 
Kenaikan harga gas
Kenaikan harga gas dapat mempengaruhi harga penjualan makanan di dalam suatu bisnis bidang jasa pariwisata. Karena dari harga gas tersebut akan naik, akan tetapi berapapun harga makanannya, permintaan akan tersebut akan tetap sama besar dan tidak berubah.

3. Contoh kondisi tidak elastis 
Kenaikan harga tiket bus 
Seorang wisatawan yang akan melakukan perjalanan wisata ke luar kota dengan menggunakan bus MJ. Akan tetapi bertepatan dengan hari libur panjang atau cuti bersama maka harga tiket bus MJ naik 2x lipat dari harga biasanya. Maka wisatawan mulai berpikir untuk berpindah atau menggunakan RI yang harganya lebih murah di bawah dari harga bus MJ. Sehingga penumpang bus MJ akan mengalami penurunan permintaan.
     


No comments:

Post a Comment