Tuesday, April 2, 2013

STUDI KASUS : CLUB MEDITERANIAN, MANFAAT EKONOMI BAGI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

Nama : RUDY HERMAWANSYAH
NIM  : 2009140065

TOPIK DISKUSI 
Apakah manfaat dan masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap :
a. Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan Amerika Serikat)?
b. Negara dengan perekonomian sedang berkembang

Berdasarkan dari apa yang di ajarkan dalam mata kuliah Ekonomi Pariwisata bahwa kegiatan pariwisata dapat menimbulkan efek berganda bagi lingkungan sekitar, termasuk dalam pembangunan Club Med. Efek tersebut dapat di rasakan langsung maupun tidak langsung oleh masyarakat sekitar. Penambahan wisatawaan dapat meningkatkan pendapatan suatu daerah. Kegiatan pariwisata akan terasa medatangkan manfaat pada penjualan, keuntungan, lapangan kerja, pendapatan pajak dan penghasilan dalam suatu daerah. Sayangnya Club Med memberikan kelebihan dari akomodasi hotel lainnya, seperti  menyediakan berbagai fasilitas dan atraksi unik dengan tema yang berbeda setiap harinya, sehingga para tamu yang datang cenderung untuk menghabiskan waktunya untuk menyaksikan atraksi tersebut. Di tambah lagi di dalam village tersebut terdapat butik yang menyediakan berbagai pakaian dengan logo Club Med itu sendiri dan tamu yang datang cenderung memilih barang-barang butik tersebut sebagai konsumsi mereka sendiri ataupun sebagai buah tangan, bukan dari mereka yang berjualan di daerah sekitar. Selain itu Club Med menyediakan paket tur wisata suatu daerah di mana Club Med itu berada tentu saja seorang GO ( Gentil Organisateur ) yang menanganinya bukan melakukan kerja sama dengan Usaha Perjalanan Wisata daerah sekitar.

Dari sistem kepegawaian yang di anut oleh Club Med juga dapat menjadi pendapatan bagi daerah sekitar. Mereka memiliki GO yang akan tinggal di daerah tersebut selama periode kerja mereka, sehingga dapat di pastikan bahwa mereka akan mengkonsumsi yang di buat atau diolah oleh daerah sekitar. Di lihat dari sistem pembayaran Club Med yang include artinya tamu membayar dengan harga paket yang berarti tamu tersebut akan dengan bebas makan, minum dan menikmati fasilitas dengan sepenuhnya. Oleh karena itu Club Med mematok harga yang mahal dan itu di bayarkan per orang bukan berdasarkan kamar yang di sewa. Sistem pembayaran seperti ini yang membuat tamu tidak banyak melakukan perjalanan karena mereka sudah membayar dengan mahal dan pastinya ingin merasakan hasil yang sesuai dengan apa yang mereka bayar. Club Med juga memberikan kesempatan terhadap pedagang-pedagang retail di daerah sekitar dengan di perbolehkan untuk membuka dagangan di dalam village dalam hari dan jam tertentu, yang dinamakan dengan Traditional Market Day , program ini dapat membantu pedagang-pedagang sekitar untuk menjajakan barang dagangannya yang tentu saja akan berdampak pada kehidupan perekonomian mereka.

Secara singkat, manfaat dan masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap negara dengan perekonomian maju ( seperti Italia dan Amerika Serikat ) dan negara dengan perekonomian sedang berkembang adalah :

a. Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan Amerika Serikat)?

- Manfaatnya yaitu :
Adanya tujuan wisata yang baru yang dapat di kunjungi oleh masyarakat, pengembangan wilayah - wilayah pedesaan, menjadi tempat tujuan wisata, pariwisata menjadi salah satu sumber devisa, identifikasi merek kuat, dan meningkatkan nilai tukar mata uang lokal terhadap mata uang asing sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

- Masalahnya yaitu :
Harga yang tinggi, yang berakibat berkurangnya kunjungan ke tempat tujuan wisata, perkembangan yang naik turun membuat tidak stabilnya penghasilan yang di dapatkan, Tidak meratanya perbaikan setiap tempat membuat perkembangan tidak merata di setiap tempatnya.

b. Negara dengan perekonomian sedang berkembang

- Manfaatnya yaitu :
Pariwisata menjadi salah satu penghasil devisa,  berkembangya pariwisata di negara - negara bekembang, sebagai salah satu sarana promosi tujuan wisata di negara - negara berkembang.

- Masalahnya yaitu :
Posisi Club Med yang tidak stabil, bisa menghambat perkembangan pariwisata,  Citra Club Med yang tidak jelas, mengurangi minat pengunjung, ketidakjelasan profil konsumen, membuat target pasar yang tidak jelas.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment